Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Pengawas Pemilu Se-Kabupaten Majalengka, Bawaslu Majalengka Beri Intruksikan Khusus

asdasd

Apel Siaga Pengawas Pemilu Se-Kabupaten Majalengka

Majalengka, Bawaslu Majalengka menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu se-kabupaten Majalengka di depan pendopo Bupati Majalengka, Minggu, 11 Nopember 2024. Apel siaga ini dilaksanakan dalam upaya mengecek kesiap siagaan jajaran pengawas pemilu tahun 2024 di wilayah kabupaten Majalengka. Apel siaga ini di hadiri seluruh jajaran pengawa pemilu, mulai dari Panwaslu kecamatan, Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) se-kabupaten Majalengka. 

Ketua Bawaslu Majalengka Dede Rosada didampingi anggota Bawaslu Majalengka Dardiri Edi Sabara, Ayub Fahmi, Fauzi Akbar Rudiansyah dan Nunu Nugraha serta Kepala Sekretariat Bawaslu Majalengka Nana Rukmana saat ditanya oleh wartawan terkait apel siaga dan kerawanan masa tenang pemilu 2024 menjawab. Masih banyak alat peraga kampanye yang dipasang peserta pemilu masih belum dibersihkan, sehingga Bawaslu Majalengka bersama dengan jajaran pengawas pemilu. dinas terkait juga mengajak masyarakat untuk melakukan penertiban APK yang masih bertebaran di wilayah Majalengka. 

“Yang harus diwaspadai adalah sekarang masa tenang masih banyaknya terpasang alat peraga kampanye yang dipasang oleh peserta pemilu, sehingga kami perlu menghimbau dan juga ikut membereskan hal tersebut serta menertibkan secara bersama-sama seluruh jajaran pengawas pemilu, bersama stakeholder juga bersama masyarakat boleh ikut membersihkan alat peraga kampanye agar tidak terpasang pada saat masa tenang ini dan pungut hitung.” Kata Dede Rosada.

Selain masih banyaknya alat peraga kampanye yang masih terpasang, Dede  juga mengantisipasi rawannya politik uang di masa tenang. 

“Kerawanan dimasa tenang ini adalah rawan terjadinya money politic sehigga kami intruksikan kepada jajaran pengawas pemilu untuk melakukan patrol dimasa tenang ini, untuk mencegah praktik-praktik money politic di masyarakat dan begitu juga dimasa pungut hitung” ungkap Dede. 

Ditanya perihal masih ada logistik pemilu yang masih belum terdistribusi ke tinggat PPK dan PPS, Bawaslu Kabupaten Sumedang akan menindak lanjutinya dengan melakukan koordinasi dengan KPU Majalengka. “Ada beberapa kecamatan yang belum lengkap, jita akan berkoordinasi dengan KPU agar segera logistik pemilu ini sampai dengan tangga 13 februari sudah sampai ditempat pemungutan suara”  ujarnya.

Dalam kegaiatan apel ini Deros juga mengintruksikan kepada jajaran pengawas se kabupaten Majalengka untuk segera bergerak melakukan patrol pengawasan dan penertiban APK. 

“Saya intruksikan seusai apel siaga kali ini seluruh jajaran pengawas pemilu mulai dari panwascam, PKD sampai dengan pengawas TPS untuk menertibkan alat peraga kampanye yang masih terpasang, 3935 pengawas TPS sudah terbentuk, 343 pengawas kelurahan atau desa kemudian 78 orang panwaslu kecamatan, tentu SDM kita tidak cukup mengawasi sendiri, kami mengajak warga masyarakat untuk ikut bersama mengawasi tahapan masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara.” Pungkasnya.

Dalam Sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka menyampaikan Pantun di hadapan Peserta Apel Siaga. 

“Pergi berlibur ke Rajagaluh membeli bingkisan di jalan angsa, Bawaslu sebagai pengawas pemilu, teruslah berintegritas untuk kemajuan bangsa”

Hadir dalam apel siaga pengawas pemilu 2024 se-kabupaten Majalengka, PJ.Bupati Majalengka Dedi Supandi, Sekda Kabupaten Majalengka Eman Suherman, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf. Dudy Pilianto, Wakapolres Majalengka, Danyonif 321/GT, Ka Pekas Lanud S Sukani, perwakilan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Majalengka.

Doni Irwandy